Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Sunday, May 25, 2008

Breaking The Wall: Bisnis Online Bukan Bisnis Main-Main

Saya terinspirasi menuliskan posting ini karena sudah terlalu banyak orang-orang di sekitar menyarankan saya begini: Kenapa tidak Buka Toko Offline saja???

Awal buka toko offline "Nadirahouse.com" saya memang masih berpikir juga kapan ya bisa buka toko offlinenya seperti banyak yang disarankan orang-orang. Apalagi mereka yang berkunjung ke rumah kami dan melihat stok barang kami yang sudah seperti toko offline pada umumnya. Selanjutnya saya pun mulai riset mall yang ada di sekitar lingkungan saya yaitu PGC dan Tamini, klo Graha sih sy gk perhitungkan karena pengunjung untuk membeli baju atau jilbab kayaknya kecil deh, mereka seperti saya juga klo kesana lebih senang permainan anak, nonton bioskop atau makan2 saja. Saya dapat info klo buka sewa toko di mall mencapai 20jt-30 jt per tahun. Setelah itu harus memperhitungkan karyawan paling tidak 2 orang agar bisa bergantian jaga dari pagi ampe malam. Selain itu ada biaya per bulannya juga untuk listrik dan kebersihan kali ya...waaah, gede juga.....sepertinya klo mikirin itu gk bakalan jadi deh jualannya.

Saya pun mulai merubah mindset bisnis saya yang saya pikir lebih berprospek dalam penjualan online. Kami bisa lebih menghemat terutama dalam sewa toko itu sehingga harga barang yang kami tawarkan pun bisa lebih rendah daripada yang mempunyai toko offline. Dengan begini, tidak punya toko offline bukanlah suatu kelemahan tapi menjadi suatu KELEBIHAN buat kami. So untuk saat ini saya mengesampingkan dulu dream saya buka toko offline.

Ada hal yang membesarkan hati saya juga, setelah berbincang2 dengan seseorang yang tau ttg omset2 toko salah satu jilbab merk terkenal saat ini, ternyata omset per bulannya tidak kalah dengan omset toko online kami. Hal ini cukup membesarkan hati saya untuk lebih fokus lagi kepada bisnis online saya ini diantaranya dengan memperbaiki system administrasi nadirahouse sehinga pencatatan lebih teratur dan pelayanan bisa lebih cepat dan menyelesaikan websitenya (lebih tepatnya berusaha keras lagi mendorong suami untuk mengerjakan webnya :D). Selain itu produk yang kami jual kami usahakan mencari tangan pertama alias ambil langsung dari produsennya sehingga harga jauh lebih murah meskipun dana yang dikeluarkan untuk menjadi distributor dari produsen itu tidak sedikit buat kami saat ini. Hal ini kami lakukan untuk membuktikan bahwa bisnis online kami nadirahouse.com bukan bisnis main-main atau bisnis yang hanya dikerjakan pada waktu luang. Kami berbisnis dengan SERIUS dengan modal yang serius pula walaupun kami tidak punya toko offline.

Saya diskusikan hal ini pada suami, menurut suami saya mungkin karena sekarang banyak yang bisnis online juga, di blogspot di multiply sehingga tidak bisa dibedakan mana yang serius atau tidak. Kata suami, mungkin klo omset toko online kita mencapai 9 digit per bulan baru kita diperhitungkan....wow, 9 digit...saya jadi merubah target saya menjadi omset 9 digit per bulan. Meskipun ini lompatan besar, tapi karena sudah terpatri dalam pikiran dan mudah2an di dalam pikiran bawa sadar juga, Insyaallah kerja keras kami akan menuntun ke arah itu. Yang penting FOKUS, kerja Keras- Kerja Cerdas dan hasilnya serahkan kepada Allah SWT.

Ini suatu tantangan buat saya, saya ingin membuktikan bisnis online tidak kalah omsetnya dengan bisnis offline. Klo orang lain buka toko offline ke dua, ketiga, dst...saya rencanakan buka toko online kedua, ketiga, dst untuk produk yang berbeda-beda dan mencetak kesuksesan seperti toko online pertama sebab system yang telah dibangun pada toko online pertama nanti tinggal diduplikasikan kepada toko2 online berikutnya...Amiiin.

Ada dream saya yang lebih menggebu2 sekarang ini. Saya pengen punya produk sendiri yang hanya dijual melalu internet sehingga membuat produk saya jadi unik, ekslusif dan tidak pasaran. Saya pengen punya sesuatu seperti Pak Roni dengan MANET-nya. Saya membayangkan produk saya dijual dengan menunjuk perwakilan/ Distributor setiap wilayah seperti system Rabbani sehingga distributor yang sudah mendaftar dan berkomitmen untuk memasarkan produk saya lebih merasa terjamin karena sudah punya pasar/ wilayah masing-masing. Hehehe....mungkin muluk banget ya tapi yang paling penting saya sudah berani bermimpi dan memvisualisasikannya di dalam pikiran saya. Tinggal usaha yang keras untuk mewujudkannya dan hasilnya saya serahkan sepenuhnya kepada Allah, SWT.


Regards,
Sukmasari
Bussiness Owner "Nadirahouse.com" "rafiselimut.blogspot.com"
YM: sukmasari_am
SMS: +622181808775310
Ph: +622199589117

No comments: