Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Saturday, December 1, 2007

Kirim Barang bisa lewat jalur Surat Kilat Khusus...

Hari ini saya dan suami mendapatkan pembelajaran....ceritanya kami berdua mengantarkan paket pesanan jilbab customer dengan tujuan Ende-NTT. Karena ini adalah order yang kedua dan belajar dari pengalaman order pertama via TIKI ke Ende-NTT memakan waktu lebih dari 7 hari, maka customer saya meminta kami menggunakan jasa POS Indonesia saja dengan alasan POS Indonesia pelayanannya lebih cepat daripada TIKI.

Kebetulan ini hari Sabtu dan kantor pos kecil terdekat di ruamh kami semuanya tutup, berangkatlah kami ke kantor pos besar GAMBIR yang letaknya lumayan jauh dari tempat tinggal kami Pasar Rebo. Sampai di kantor Pos, kami mengantri pada loket 28 untuk pengiriman Paket Kilak Khusus. Setelah menunggu hampir 1 jam, petugas menimbang paket yang akan kami kirimkan. Mengetahui beratnya lebih dari 2kg kami diminta untuk memasukkan pada loket Paket Pos Kilat Khusus (PPKN) yang berada di lantai dasar...OMG, betapa gondoknya kami....setelah mengantri sekian lama...ternyata loketnya salah...mbok ya ditulis gede-gede loket Surat Kilat Khusus...ini hanya ditulis Kilat Khusus saja....

Ok, kami pun ke bawah, setelah celingak-celinguk...ketemu juga pintu masuknya ....antri lagi....disini saingannya barang2 gede booo....ehm, saya perhatiin ada yang aneh...pertama kali masuk ada bapak yang menyapa saya dengan ramah, ternyata menawarkan jasa pengepakan barang dengan karung. Alasannya supaya lebih kuat....wah, klo di TIKI hal ini dilakukan oleh TIKInya loh setau saya...bukan kita keluar biaya ektra lagi. Minus satu lagi untuk pelayanan Pos Indonesia. Disini pun harus ngantri hampir 1 jam.....tiba giliran kami dilayani, petugas melihat kota tujuan....
"Bu, mo ambil paket apa pengirimannya??" Tanya Petugas.
"Ambil Kilat Khusus, PPKN". Jawab Saya.
"Wah bu klo ke Ende-NTT, belum ada layanan KIlat KHususnya ...pake yang regular saja ya..."
Iya sih seingatku juga waktu searching di websitenya PosIndonesia gk ketemu Ende-NTT tarif PPKN-nya. Saya tanya ke petugasnya.
"Klo paket biasa berapa hari"
"Gk sampe 3 minggu lah..." Kata petugas.
Waaaaaah...kasian customerku menunggu...mauny cepat pake POS Indonesia, eh ini malah lama. Petugas itu pun menjelaskan naik ke lantai atas, kirim paketnya via jalur Surat Kilat Khusus karena jalur ini maksimal berat barang 5KG. Hehehe...mendengar penjelasan itu kami coba jelasin lagi bahwa kami sudah antri pada loket atas surat kilat khusus...tapi diminta ke bawah....masa mo naik lagi....antri lagi dari awal.....wasting time bgt rasanya...

Dengan gondok kami pun membawa pulang paketnya dan memutuskan untuk kirim via TIKI saja yang jelas sampainya meskipun lama. Tetapi sebelum meninggalkan halaman parkir...saya ajak suami saya...ayo kita coba ke lantai atas lagi...jelasin aja seperti yang dikatakan petugas di lantai bawah.

Kami pun sepakat ke lantai atas lagi ke bagian Surat Kilat Khusus, saya memutuskan minta tolong pada pegawai yg lebih senior ketimbang berbicara pada petugas sebelumnya. Ternyata emang bisa dan maksimal pengiriman surat pada bagian Surak Kilat Khusus adalah 5 kg. pas banget dengan paket yg kami akan kirimkan. Fuiiih...akhirnya barang berhasil dikirimkan via POS Surat Kilat KHusus. Semoga bisa sampai dengan segera ke tempat tujuan customerku itu.

Lessonnya adalah:
1. Jika ingin mengirimkan barang lewat POS Indonesia, cek dulu apakah pelayan yang diinginkan ada untuk kota tujuan yang dituju.
2. Jika PPKN untuk daerah tertentu itu tidak ada , gunakan jalur Surat Kilat Khusus dengan syarat barang yang dikirimkan tidak melebihi berat 5kg.
3. Lebih baik menggunakan POS Indonesia Kilat Khusus untuk pengiriman barang ke daerah2 yang agak jauh dari Ibukotanya karena lebih cepat sampai...mungkin jaringan POS Indonesia lebih kuat di daerah2 dibandingkan jaringan TIKI.

Segitu aja deh sharingnya....semoga bermanfaat ya :)

Regards,

Sukmasari
Bussiness Owner "NadiraHouse"
www.nadirahouse.com

No comments: