Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Sunday, July 27, 2008

Pentingnya Standarisasi Dalam Bekerja

Saat ini kami menghadapi problem yang selalu saja terjadi, mungkin bukan hanya saya yang alami tetapi para pebisnis toko online juga merasakannya. Masalahanya adalah: Kecepatan bertambahnya produk baru tidak secepat kecepatan dalam menampilkannya ke web.

Kenapa ya bisa begitu, karena barang baru artinya harus diproses dulu mulai difoto, edit, beri label nadirahouse, menentukan harga jual, didata secara detail masuk ke aplikasi nadirahouse, dan terakhir upload gambar ke web. Panjang kan perjalanannya. Kalo ada 1 item barang baru sih gk masalah cuman sekali datang ada beberapa, setiap motif dan color harus di foto, jika tidak barang tidak dilirik oleh customer karena ada beberapa customer yang pengen melihat foto dulu baru membeli tapi ada juga sih yang tidak. Cukup foto yang sejenis, warna lain bisa dibayangkan sendiri.

Suami menyarankan membuat standarisasi pekerjaan. Dengan adanya standarisasi bisa sangat mengefisienkan waktu yang terasa kuraaang aja ketika memberikan pelayan kepada customer. Cara konkrit yang kami lakukan dalam mengangani barang baru di nadirahouse adalah:
  1. Barang yang difoto harus dalam satu model. Misalnya foto Evita, evita baru selesai baru pindah ke fotoin kerancang model baru semua warna, dan bgt seterusnya.
  2. Posisi tripod kamera dan maniken kalo bisa diusahakan tidak usah dipindah2kan karena itu bisa menghemat waktu juga.
  3. Foto jilbab tidak usah terlihat sampe terlalu rapiiiiiiii sekali karena membuatnya terlihat rapi sekali akan memakan banyak waktu. Cukup 1 jilbab saja sebagai contoh pemakaian.
  4. Dalam mengedit foto harus sesuai dengan uruan yaitu mengerjakan 1 model untuk semua warna/motif baru berpindah ke model selanjutnya, Jangan melompat-lompat.
  5. Berikan nama dengan kode yang singkat dan penomoran saja. Mengenai warna, customer bisa lihat dari foto. Dengan begitu bisa tercipta pola dalam mengkodingkan gambar yang ditampilkan pada halaman Edit HTML. Dengan gambar yang berpola, anda bisa tinggal copy paste code gambar sebelumnya dan ganti nomornya saja sesuai dengan gambar yan ditampilkan.
Gitu aja sih. Hal kecil memang tapi efeknya cukup membuat kami bisa mengejar waktu dalam foto jilbab, edit sambil melayani customer.

Strategi kami dalam menghadapi ramadhan ini, kami berencana mengoperasikan 3 PC dengan fokus yang berbeda-beda pada masing2 operatornya. PC pertama dan kedua fokus untuk melayani customer dan PC ke 3 nantinya fokus untuk maintenance web dalam artian operatornya bertanggung jawab untuk foto, update ke web, menurunkan gambar yang stoknya kosong. Dengan begitu harapannya semua customer terlayani dan web nadirahouse pun terus up to date gambarnya. Doain ya biar lancar, coz harus modalin 1 PC baru lagi nih. Insyaallah dengan bertambahnya 1 PC lagi akan memberikan sumbangsih yang proporsional pada peningkatan Omset bulanan. Amiiiin....SEMANGAAAAT!!!!


Regards,
Sukmasari
Bussiness Owner "Nadirahouse.com" "rafiselimut.blogspot.com"
YM: sukmasari_am
SMS: +622181808775310
Ph: +622199589117

No comments: