Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Thursday, July 3, 2008

Ketika Orang IT Berbisnis....

Saya dan suami itu backgroundnya adalah IT. Jadi ketika kami banting stir untuk gk mau jadi kuli terus menerus dan terjun di dunia bisnis kami hadapi juga masalah teknis yang sering menghambat kinerja kami dalam melayani customer. Suami saya adalah bussiness analyst, terbiasa memberikan solusi IT kepada customer perusahaan dimana dia bekerja. Sedangkan saya background adalah Quality Analyst, terbiasa mencari kelemahan dalam suatu system IT untuk disempurnakan. Jadi klop lah... Ide suami saya membuatkan Aplikasi nadirahouse yang sebenarnya sangat sederhana kalau dibandingkan dengan system requierement di perusahaan dulu tempat saya bekerja atau suami saya bekerja...cuman tau gk hasilnya....sangat berpengaruh karena berhasil meningkatkan omset usaha kami dari tidak menggunakan system ke menggunakan system naiknya hingga 167%.

Mau lebih tau seperti apa sih Aplikasi Nadirahouse. Saya coba jelasin ya...mudah2an bisa memberikan inspirasi bagi pebisnis seperti saya.

Aplikasi Nadirahouse punya 5 menu utama:
1. Menu Administrasi, menu ini terdiri dari 2 sub menu saja yaitu untuk list data pelanggan dan list data barang.

2. Menu Pemesanan, menu ini seperti yang bisa dilihat di gambar digunakan untuk pemesanan barang.
- Jika ada order yang masuk, user akan memilih menu "Buat Order", selanjutnya nama pemesan akan ada di dalam list order --> Order Terbaru.
- Jika customer sudah mengirimkan uang, data customer akan berpindak ke bagian list order --> Siap dikirim. Jadi ketahuan kan, order siapa aja nih yang akan dikirim hari itu juga. (Waktu belum menggunakan system, dengan banyaknya pemesanan, saya jadi kebingungan sendiri loh data mana saja sih yg sudah trasnfer dan harus dikirim...sekarnag Alhamdulillah sudah tidak lagi).
- Jika order itu sudah dikirim, maka data customer akan berpindah ke list order --> Sudah dikirim.
- Jika user klik menu detail pesanan, terlihat detail pesanan customer. Dari menu ini user bisa mencetak kwitansi detail pesanan yang disampingnya tersedia checklist sehingga barang yang akan dipacking bisa dicek untuk menghindari ketidaklengkapan barang pesanan dan bisa mendelivery barang dengan tepat. Dari menu ini juga bisa mencetak langsung ke printer alamat yang akan ditempelkan pada box pengiriman....dulu ...saya harus mencari2 lagi alamat di file excel saya....itu kemungkinan bisa mengcopy alamat yang salah loh.

3. Menu SMS---> ini menu yang baru saja selesai dikerjakan oleh suami saya. Sekarang menggunakan aplikasi sms yang langsung terhubung dengan aplikasi nadirahouse sangat-sangat memudahkan pekerjaan saya dan reza :D....kami berdua dihubungkan dalam networking yang sama bisa mengakses satu HP yang sama tanpa harus berebutan lagi....tinggal ketik pesan dari komputer masing2 terus reply sms customer yang kita prospek masing2.


4. Menu Keuangan, disini bisa memasukkan pengeluaran NH dan bisa melihat pemasukan NH.
5. Menu Report, dari menu ini bisa membandingkan pemasukan dan pengeluaran, memonitor berapa besar omset yang masuk per hari, per bulan dan bahkan per tahun. Ehm...jadi semangat kerja nih ...dikit2 ngintip omset...klo mendekati target apalagi terlampaui sangat senaaaang sekali...jadi tambah semangat kerjanya ...

Bulan ini adalah bulan kedua kami menggunakan system terkomputerisasi dan bulan pertama menggunakan system sms yang terintegrasi dengan system aplikasi nadirahouse. Hasilnya memang kami belum bisa menangani 100% pelanggan secara cepat tapi sangat-sangat membantu apalagi jika usaha anda ingin bisa didelegasikan kepada orang lain. So buat system yang robust dan terus benahi systemnya.

Ada yang tertarik nih untuk mengkomputerisasi bisnisnya??? mudah sih untuk yang tau IT, yang gk ngerti IT bisa lah membeli aplikasi yang ada dijual...kami awalnya pernah coba loh....cuman kurang sesuai dengan kebutuhan kami...jika mo disesuaikan perlu biaya tambahan...ya udah deh jadi bikin sendiri aja....klo tertarik aplikasi seperti kami bisa kok menghubungi suami saya zen. Harganya tentu gk seberapa jika dibandingkan dengan manfaat yang anda dapatkan untuk bisnis anda...hehehe...ini promosi bgt ya.

Reportnya perkembangan nadirahouse akhir bulan juni Alhamdulillah kembali mengalami kemajuan yang mencengangkan...omset kami naik sebesar 66% dari bulan lalu. Tidak henti-hentinya saya bersyukur atas nikmat yang diberikan. Hal ini juga tidak lepas dari kerjasama tim, saya, suami dan reza asisten saya....thanks All...we can make it more better than this.... Just believe in it.

Regards,
Sukmasari
Bussiness Owner "Nadirahouse.com" "rafiselimut.blogspot.com"
YM: sukmasari_am
SMS: +622181808775310
Ph: +622199589117

NB: Minggu yang lalu ada wartawan Majalah Gontor yang meliput usaha Nadirahouse untuk artikel peluang usaha edisi Agustus, datang ke rumah dan kaget karena dari luar Nadirahouse seperti tidak ada kegiatan hiruk pikuk....tapi di dalamnya...hehehe, berantakan deh..untung datangnya masih pagi, rumah masih rapi...mo liat aslinya sorean deh hehehe. Ini kali pertama nadirahouse diexpose di media massa. Bagi yang ingin tau dalam2nya nadirahouse, berapa omsetnya...baca dan beli majalahnya ya...hehehe...baru pertama kali nih kami buka2an tentang usaha kami untuk konsumsi publik... Smoga ada lagi media yang tertarik meliput kami ya, di koran, majalah, TV...silahkan.....kan sebagai promosi gratis usaha kami www.nadirahouse.com di media massa. LOA deh.

No comments: