Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Saturday, July 19, 2008

Beriman, Berhijrah, dan Berjihad by Elang Gumilang

Untuk kedua kalinya saya dan suami hadir di Seminar Entepreneur asuhan Pak Valentino Dinsi. Saya merasa perlu hadir pada acara-acara semacam ini untuk selalu memompa semangat saya dalam berbisnis dan menimba ilmu kepada entepreneur yang sudah sukses. Malam itu ada 3 pembicara, Pak Valentino Dinsi sebagai pembicara tetap sepertinya ya, ada Pak Bambang Suharno dan Dek Elang Gumilang. Rasanya malam ini materi yang dibawakan oleh masing2 pembicara mulai mendalam karena gk borongan lagi kayak kemaren. Temanya masih tentang bagaimana memulai untuk berbisnis.

Sebenarnya kami datang agak belakangan sebab sholat magrib dan makan malam dulu sebelum datang ke seminar. Walhasil materi Pak Valention Dinsi ada yang kelewat deh. Adapun yang bisa saya tangkap dari materi Pak Valen malam itu:
  1. Usaha yang hanya 1 saja dikelola itu belum bisa dikatakan berbisnis, hanya dikatakan berdagang. Jika bisa mencopy paste kepada cabang-cabang lainnya sehingga mempunyai beberapa sumber pasif income baru dikatakan Anda berbisnis.
  2. Dalam berbisnis harus FOKUS. jangan hiraukan omongan orang lain yang menganggap Anda gila karena sudah meninggalkan posisi dan gaji yang tinggi di perusahaan hanya untuk mengejar mimpi mempunyai bisnis sendiri. Diam dan terus bekerja, FOKUS pada bisnis Anda dan pada akhirnya buktikan kepada mereka. Because if you are SOMETHING, everybody care. BUT if you are NOTHING nobody care.

Inti dari materi Pak Bambang Suharno 10 kiat memulai Bisnis yaitu:
1. Coba
2. Coba
3. Coba
4. Coba
.....
......
10. Coba
Hehehe, padahal saya sudah siap2 mencatat 10 kiat itu....ya intinya "COBA..." aja. Ada 1 sharing dari murid Pak Bambang, Pak Sambodo. Dari perjalanan hidupnya, inti yang saya tangkap, Pak Sambodo bisa menjadi seperti teman2 sepergaulannya. Mis lulus kuliah beliau bingung mo jadi apa, karena berteman dengan seorang yang ahli berbahasa inggris juara 1 lomba nasional pidato berbahasa inggris kalo gk salah ya dan sukses menjalankan les privat bahasa inggris, beliau pun jadi berani menerima les privat bahasa inggris padahal awalnya beliau gk tau materi pelajarannya bagaimana. Hanya modal nekad saja pasang iklan di Nova dengan modal Rp 7.000 saat itu, terima orderan pertama kali, sebelum ke rumah calon muridnya beliau menghubungi temannya belajar materi les yang biasa temannya berikan. Akhirnya sekarang ini Beliau bisa mempunyai beberapa cabang lembaga bimbingan belajar. Kemudian, beliau berteman dengan coach, beliau bisa jadi coach juga, berteman dengan penulis buku, bisa bikin buku juga. Kesimpulannya yang saya petik begini, tetapkan cita2 kita mau jadi apa, bertemanlah pada orang yang termasuk sukses di bidang itu yang Anda kenal. Cepat atau lambat Anda akan menjadi sesukses seperti mereka. Anda bisa liat orang-orang sekeliling Anda. Saya punya cerita lain mungkin bisa dijadikan gambaran dari teori itu, Teman dan agen asuransi yang kami sekeluarga pakai. Dulunya teman saya Wahyu hanya agen asuransi biasa, karena dia kesehariannya bergaul dengan manager asuransi yang dia pasarkan, saya tidak kaget satu tahun kemudian ketika bertemu di rumah saya, gayanya sudah sangat mirip dengan manager temannya itu dari style berbusana, cara dia menjelaskan kepada client sampe ukuran badan...duh dah kayak manager temannya itu deh. Tentunya ini juga berdampak kepada kehidupan finalsialnya. Bisa dipastikan sekarang sudah hampir sama dengan si manager itu.

Ok, back to next pembicara, Yang terakhir materi dari "Elang Gumilang", si adek kelas IPB yang malam itu bikin saya tambah kagum saja dengan cara berpikirnya. BTW awalnya bukannya hari kemaren Dek Elang harusnya hadir di forum Jumat TDA menurut info dari Bu Roess ya??? Gk tau deh kenapa berubah, yang penting saya tetap bisa mendapat pelajaran dari Dek Elang malam itu.

Setelah bercerita tentang lika liku bisnisnya, dia menyimpulkan bahwa inti berwirausaha sehingga menjadi sukses sudah diajarkan dalam Al-Quran. Ayat yang dikutip adalah Al-Quran Surah Al Bagarah ayat 218: Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Penjelasannya sebagai berikut kurang lebihnya:
  1. Beriman: Artinya meyakini/percaya. Percaya akan kekuasaan Allah SWT, percaya bahwa Allah maha pemurah dalam memberikan rezki, percaya bahwa rezki kita sudah diatur tinggal bagaimana cara kita menjemput rezki. Insyaallah dengan kepercayaan yang kuat apa yang kita cita-citakan akan terwujud.
  2. Berhijrah: Artinya berpindah/ berubah. Merubah pola pikir kita dari tidak membangun kekayaan aktif ( orang gajian) melainkan membangun kekayaan pasif (menjalankan bisnis salah satunya, lainnya pembayaran royalti buku, hak cipta, dll). Berpindah dari zona nyaman ke zona tidak nyaman agar bisa mendapatkan tantangan lebih keras, lebih sulit sehingga bisa lebih berkreasi, menghasilkan ide dan akhirnya mendapatkan hasil yang lebih besar.
  3. Berjihad: Artinya berjuang. Disini bukan diartikan berjuang dalam perang melainkan berjuang bersungguh-sungguh yang melahirkan FOKUS untuk mencapai goal yang telah ditetapkan. Jika bersungguh-sungguh dalam menjalankan usaha, pelayanan kepada customer juga tentunya diberikan yg terbaik. Jika sudah memberi yang terbaik hasilnya adalah kepuasan konsumen, kepercayaan yang lebih banyak lagi, tentu ordernya datang lebih banyak, lebih banyak lagi orang yang Anda layani artinya Anda sudah lebih bermanfaat dan lebih banyak memudahkan orang lain yang memerlukan jasa Anda dan uang/harta pun menjadi dampak dari semua yang telah diberikan. Orang-orang seperti inilah yang akan diberikan Rahmat oleh Allah SWT.
Gitu yang bisa saya share kepada yang lainnya. Diambil yang positif, dibuang yang negatifnya. Doain semoga bisa selalu mengikuti acara2 seperti ini agar selalu memupuk semangat untuk terus semangat dalam berwirausaha sehingga bisa lebih bermanfaat untuk kehidupan orang lain.

Bagi teman2 yang mau kontak Elang gumilang bisa add facebook nya di : http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=1491135698&sk=info
atau email : elang_gumilang[at]yahoo.com

Regards,
Sukmasari
Bussiness Owner "Nadirahouse.com"

2 comments:

Bundanya Rizqa said...

sukma, jangan pernah berhenti mengisi postingan ya. postingan2nya menambah semangat kita2 untuk merubah pola pikir dan merubah jalur hidup. sukses selalu yaa...

SUKMASARI said...

Amiiin..thanks udah sempatin baca postingan-postingan saya. Jadi senang deh klo mang ada manfaatnya. Saya sekedar sharing apa yg saya jalanin saja. Sukses juga untuk m'eko.