Bundaku bekerja di rumah
Asyik deh, dengan dukungan d'BC Network Bundaku tetap bisa berpenghasilan meskipun di rumah nemenin Aku....
Klik di sini untuk Info lengkapnya!

Tuesday, June 24, 2008

Harus Berani Tegas....

Saya mo sharing tentang pengalaman saya menghadapi 2 reseller saya yang kelihatannya saling bersaing. Padahal dalam bisnis hal ini tidak sehat, karena teori bisnisnya sebisa mungkin mencari hal yang plus/ unik/ beda dari barang yang kita jual. OK, Smoga bisa diambil hikmahnya. Saya gk tau penilaian yang lain gimana tapi saya berusaha mengatasi masalah ini dengan solusi yang paling baik menurut saya untuk semua pihak.

Ceritanya gini, awalnya suatu hari reseller yang pertama menghubungi saya karena melihat dagangan reseller kedua kok lebih baru motifnya dari yang dia miliki. Kelihatan sekali dia tidak suka dengan hal ini karena selama ini dia yang pertama memajang koleksi terbaru dari nadirahouse. Gk lama kemudian reseller kedua mengontak saya juga. Reseller kedua curhat kalau reseller pertama marah-marah pada dia. Reseller kedua sebenarnya gk mau mencari masalah dengan reseller pertama secara juga reseller pertama lebih senior dari dia dan dia banyak belajar tips bisnis dari reseller pertama.

Reseller pertama ngambek keliatannya pada saya. Saya pun menjelaskan bahwa koleksi kami yang terbaru saya infokan kepada reseller kedua karena kebetulan reseller kedua pas waktunya berbelanja di nadirahouse sedangkan reseller pertama baru saja berbelanja borongan dan saya pikir hanya berjarak beberapa hari pasti belum mau berbelanja lagi. Kan gk enak baru aja belanja dh ditawarin barang baru lagi....saya pun meminta maaf jika ada yg tidak berkenan dan berjanji mulai saat itu jika ada koleksi terbaru dari nadirahouse, maka dia akan diinfokan duluan. Saya menginformasikan keputusan saya juga kepada reseller kedua.

Saya sudah menawarkan hal istimewah kepada reseller pertama tapi masih aja ngambek bahkan mengatakan dia sempat marah kepada saya apalagi kepada reseller kedua. Reseller kedua pun setelah diberitahukan keputusan kami jadi merasa kecewa karena merasa dinomor duakan.

Saya kembali berpikir dan berdiskusi dengan suami. Sebenarnya dengan reseller pertama kami tidak ada perjanjian hanya suatu kebiasaan klo ada yg baru dia ditawarkan duluan karena dia memang termasuk pelanggan setia kami. Tetapi dengan sikap dia seperti itu saya merasa dikontrol seakan-akan tidak boleh menjual kepada customer lainnya sebelum dia memilih padahal toh tidak semua produk nadirahouse dibelinya. Kami masih perlu melebarkan sayap menjual kepada siapapun asal memenuhi role yang telah kami tetapkan di nadirahouse. Produk yang saya jual pun bisa didapatkan melalui beberapa toko online lainnya dan kami memang tidak memberlakukan protect area.

Saya pun mengambil keputusan yang tegas sebagai usaha yang berdiri sendiri dan tidak terikat kepada siapapun dan hal ini saya infokan kepada kedua pihak. Keputusannya adalah saya tidak akan memberikan informasi ekslusif kepada orang tertentu lagi melainkan semua produk terbaru nadirahouse akan diupload di web nadirahouse terlebih dahulu. Dengan begini, tidak ada lagi orang yang dinomorsatukan atau dinomorduakan. Siapa yang cepat action dialah yang dilayani terlebih dahulu. Saya mengerti keputusan saya pasti kurang berkenan di hati reseller pertama dengan resiko akan kehilangan reseller pertama tetapi web saya jadi lebih cepat updated barang barunya, dan adil pada semua reseller saya baik yang ada di dalam negri maupun di luar negri.

Hal ini sudah berlalu mungkin dah 2 mingguan. Hasilnya bukan saja reseller kedua, melainkan ada beberapa reseller lainnya demeeen banget nungguin saya update barang baru padahal saya updatenya sering tengah malam loh...malam saya update, subuh dah terima email order dan langsung diproses. Bahkan ada beberapa produk yang malam diupload, pagi dah harus turun karena barangnya dah habis dipesan.....Subhanallah.

Bagaimana ceritanya dengan reseller pertama?? seperti yang sudah diprediksikan. Dia gk balik lagi, sms dan email pun tidak di balas. Saya minta maaf ya pada reseller pertama jika keputusan kami kurang berkenan tetapi menurut kami hal ini adalah solusi yang terbaik buat semua pihak.

Yah, reseller datang dan pergi itu kan hal yang lumrah. Saat curhat kepada suami, suami saya mengingatkan bahwa kita tidak boleh menggantungkan rezeki kita kepada seorang customer tertentu melainkan hanya kepada Allah SWT. Allah SWT lah yang memiliki semuanya dan maha membolak-balikkan hati manusia. Dan itu yang saya pegang...satu pergi seratus yang datang... tadi sempat ngintip pembukuan...per tgl 25 june ini kami dah berhasil menjual 2rbuan pcs jilbab dari tgl 1 june 2008....Alhamdulillah. Eh ingat tentang tulisan saya terdahulu cita2 pengen menjual 400pcs jilbab per minggu... LOA banget ya...dah terlampaui....Alhamdulillah.... Alhamdulillah... Alhamdulillah. Saatnya menaikkan target baru ;)


Regards,
Sukmasari
Bussiness Owner "Nadirahouse.com" "rafiselimut.blogspot.com"
YM: sukmasari_am
SMS: +622181808775310
Ph: +622199589117

No comments: